INTRUSI MAGMA

Telah kita ketahui bersama bahwa magma terbentuk di litosfer yang berasal dari pergesekan antara 2 lempeng dalam zona subduksi. Pergesekan antara 2 lempeng menimbulkan panas dan mampu melelehkan batuan yang kemudian lelehan batuan tersebut menjadi dapur magma. Magma dengan temperatur yang tinggi dan tekanan tinggi pula akan selalu menuju ke tekanan yang lebih rendah yaitu di permukaan bumi. Maka dari itu usaha magma untuk keluar atau menuju ke tekanan yang lebih rendah dikenal dengan ekstrusi dan intrusi. Ekstrusi adalah proses keluarnya magma dari dapur magma hingga ke permukaan bumi.

Dalam geologi, sebuah intrusi adalah sebuah batuan beku yang telah menjadi kristal dari sebuah magma yang meleleh di bawah permukaan Bumi. Magma yang membeku di bawah tanah sebelum mereka mencapai permukaan bumi dinamakan pluton, dari nama Pluto, Dewa Romawi dunia bawah tanah. Batuan dari jenis ini juga disebut sebagai batuan beku plutonik atau batuan beku intrusif. Dia berlawanan dengan batuan ekstrusif. Batuan yang mengelilingi pluton disebut country rock. Atau dengan kata lain, Intrusi adalah proses terobosan magma ke dalam lapisan kulit bumi (litosfer) tetapi tidak sampai keluar dari permukaan bumi. Namun intrusi magma menyebabkan permukaan cembung akibat pengangkatan lapisan kerak bumi. Intrusi magma juga menyebabkan berbagai bentuk penampang Gunung api.

Menurut jenisnya intrusi terbagi menjadi beberapa macam intrusi yang terjadi di bawah permukaan bumi. Macam-macam intrusi tampak seperti pada gambar, yang diantaranya :

Batolit

Batolit adalah batuan beku yang terbentuk di dalam dapur magma, sebagai akibat penurunan suhu yang sangat lambat. Atau dengan kata lain, batolit adalah intrusi magma yang berada dekat dengan dapur magma. Pada gambar diatas tergambar pada angka 1 yang menunjukkan posisi terbentuknya batuan beku akibat dari intrusi yang disebut batolit.

Lakolit

Lakolit adalah magma yang menyusup di antara lapisan batuan yang menyebabkan lapisan batuan di atasnya terangkat sehingga menyerupai lensa cembung, sementara permukaan atasnya tetap rata. Pada gambar diatas ditunjukkan dengan angka 2.

Sill

Sill adalah lapisan magma yang tipis menyusup di antara lapisan batuan. Pada gambar diatas ditunjukkan dengan angka 3.

Diaterma

Diatrema adalah batuan yang mengisi pipa letusan, berbentuk silinder, mulai dari dapur magma sampai ke permukaan bumi. Pada gambar diatas ditunjukkan dengan angka 4.

Intrusi korok

Intrusi korok atau gang adalah batuan hasil intrusi magma memotong lapisan-lapisan litosfer dengan bentuk pipih  atau lempeng. Dan perbedaan antara intrusi korok dengan sill adalah apabila sill batuan beku diantara 2 lapisan batuan. Sedangkan apabila intrusi korok adalah batuan beku yang terbentuk dari intrusi magma yang berbentuk pipih yang posisinya memotong antar lapisan batuan.

Apolisa

Apolisa adalah semacam cabang dari intrusi gang namun lebih kecil atau percabangan magma yang ukurannya kecil atau sering disebut juga urat-urat magma.

About these ads

About Bangku Sarjana
I'm from Indonesian, I just a Student in Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Geophysics Department

37 Responses to INTRUSI MAGMA

  1. Irfan says:

    ..thank ya..manta, toloNg dunk penjelasan tentang Extrusi x agy

  2. jung sang rim says:

    Makasih ya kak..

  3. Syaefulloh Ali M says:

    Komplit lah TriMMZZZ

  4. Novaris Panji says:

    thank

  5. arie reddevil says:

    bleh minta penjelasan tentang ciri2 sill???

    thx

  6. troyelves says:

    makasih banget kaka..

  7. lisyah zahkir says:

    karena ini, tugasku lebih mudah! thank’s yah

  8. Melissa says:

    Terimaksih sangat membatu sekali

  9. Makasii….
    Bakal tak post biar pada dilihat tmen-tmenku…. ^_^

  10. Irma miLha says:

    Mkch y kak..agku jdi isa ngrti:-)

  11. Aulia Febriannti says:

    Makaish

  12. ichimeida says:

    gak nemu jawabanya~ ;(

  13. Adelia says:

    Kakak kok ga ada retasnya kak thanks ^_^

  14. alexander says:

    ini jawabannya bener ga ??? klo bener tks ya …………….

  15. alexander says:

    nama lain dari ekstrusi magma dan intrusi magma apa ???? tks yo …

  16. salsabila says:

    makasih ya kak dah bantu aku ngerjain pr….

  17. tolang dong semua nya tulis

  18. w says:

    jelasin semua kterangan nya dong

  19. Stephanie Hanarany says:

    yesss!!! gara” ini tugas biologiku selesai… maacie… ^_^

  20. diah ayuning witri says:

    bagoes mas…

  21. Martha Indah Rahayu says:

    .thanks.. nie brmanfaat bngt..

  22. M.Firdaus Al Ayyubi says:

    alhamdulillah,, gara-gara pertolongan ALLAH semua ini Bisa muncul…Jadi insaalloh UAS IPS-ku dpt nilai bagus… Amin yarobbal alamin

  23. anggelle says:

    wah ! TOPN nhih blog.nya..

    gambarnya singkat tapi lengkap, efektif !

    knapa gak dari tadi yah gw buka blog ini..
    terus berkarya bikin artikel yg lain ya kak, salam kenal..

  24. inda.kalaipupin says:

    keren,cuma kalau bLehh lebih lengkap
    yaachh :D’ THANK YOU atas infox

  25. aku mau nanya apa yang di maksud dengan gejala intrusi aku kurang paham

    • gejala intrusi itu adalah tanda-tanda adanya kejadian intrusi dari sumber magma. Gejala intrusi yang bisa tampak di permukaan berupa cydercone. Untuk mengetahui intrusi yang tidak menampakkan pola topografi di permukaan.

  26. ancy says:

    makasihhhh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: