Sifat Magnetik Suatu Batuan

Sifat magneik batuan menjelaskan perilaku beberapa zat yang berada dibawah pengaruh medan magnet. Fenomena magnetik muncul dari gerak elektrik partikel bermuatan dalam zat. Ada tiga kelompok utama pada zat yang bersifat magnetik :

  • Diamagnetik, adalah sifat material yang sulit termagnetisasi. Berdasarkan kuantum, semua elektron pada bahan diamagnetik ini berpasangan. Sehingga jika diterapkan medan magnet maka akan magnetisasi induksi. Karena elektron berorbital menghasilkan medan magnet yang berlawanan arah dengan medan magnet luar sehingga suseptibilitas magnetiknya negatif.
  • Paramagnetik, adalah sifat material yang mudah termagnetisasi akan tetapi sifat megnetiknya mudah hilang. Momen magnetik material paramagnetik searah dengan medan eksternal sehingga menghsilkan suseptibilitas positif. Proses magnetisasi material paramagnetik dipengaruhi efek agitasi thermal.

Jadi efek-efek ini hanya dapat terjadi bila medan yang diapliksikan lemah. Pada kedua kasus di atas, kekuatan induksi magnet M(momen dipole magnetik per satuan volume) secar langsung berhubungan dengan kuat medan magnet aplikasi H :

M = k.H                        (1)

Dimana k adalah suseptibilitas magnetik

k = M/H                   (2)

Secara umum suseptibilitas adalah tensor tingkat dua (rank two). Jika tidak disebutkan symbol “k” berarti  suseptibilitas kuasi isotropic.

  • Ferromagnetik, adalah sifat material yang mudah termagnetisasi dengan suseptibilitas magnetik yang sangat besar. Ferromagnetik bergantung pada suhu, berkurang dengan turunnya suhu dan hilang pada suhu Curie.

Ferromagnetik dibedakan menjadi :

a)      Antiferomagnetik, material yang mempunyai suseptibilitas seperti benda para magnetik tetapi nilainya naik dengan kenaikan suhu dan pada suhu tertentu akan turun.

b)      Ferrimagnetik, material yang mempunyai suseptibilitas yang besar tergantung temperatur.

Bila temperatur lebih tinggi dari

  • temperatur Curie Tc untuk ferro-/ferrimagnetik
  • temperature Ne’el Tn untuk antiferromagnetik

material mempunyai sifat paramagnetik.

Material Ferro- dan ferrimagnetik menunjukkan kurva histeresis untuk tidak bergantung pada magnetisasi pada kuat medan magnet. Magnetisasi tergantung pada kuat medan dan sejarah magnetik, dan menunjukkan fenomena remanensi magnetik.

Dapat diperhatikan pula bahwa bentuk kurva histeresis dan  besarnya berubah-ubah tergantung pada :

  • Sifat intrinsik dari komponen ferrimagnetik
  • Ukuran butir
  • Tegangan internal

Ingin lebih tahu metode geofisika menggunakan metode geomagnet klik disini

SEMOGA BERMANFAAT !

About these ads

About Bangku Sarjana
I'm from Indonesian, I just a Student in Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Geophysics Department

One Response to Sifat Magnetik Suatu Batuan

  1. webhost says:

    hello,,, saya http://boobscope.com/ saya juga suka nge-blog, dulu saya pakai blogspot.com, sudah 2 tahun. tapi hasilnya tidak terlihat, dan alexa tidak begitu bagus. Saya ngajak sobat punya domain sendiri aja yang tidak pakai embel – embel [dot]blogspot[dot]com yaitu pakai “dimainkamu[dot]com” karena sangat banyak keuntungannya sob, beberapa diantaranya mudah terindeks google, pemiliknya lebih terlihat serius, bisa belajar mengelola website sendiri, atau klo mau pasang google adsense, dsb.
    Nah.. Kita punya penyedia hosting dan domain termurah di indonesia http://kalselwebhost.com/ [Server USA] online 24 jam. coba di lihat2 dlu. Sebelumnya sobat bisa YM-an dlu.yaa…mksdnya nanya2 dlu ttg gimana bikin hosting dan domain sendiri gitu. Nah, klo mau langsung Order, silahkan ke http://client.kalselwebhost.com/ lebih capat lebih baik sob, coZ saya aja menyesal baru pindah pakai domain sendiri saja, seandainya dari 2 tahun yang lalau dari awal saya bikin pake .blogspot.com.huuh. tapi nggak apa2, tidak ada kata terlambat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: