Batuan dan Mineral

  • Batuan adalah campuran dari mineral – mineral dengan sifat yang bervariasi.
  • Mineral adalah senyawa unsure yang bersifat tetap.

Sifat batuan bergantung pada : kekuatan dan kestabilan dari unsur mineral – mineralnya, ikatan atau lemahnya dari struktur mineralnya, besarnya kandungan mineralnya. Sebagian besar batuan adalah campuran silikat dari oksigen, silicon, elemen lainnya. Sifat batuan dapat tampak sangat berbeda jenisnya. Sifat batuan digunakan menyamaratakan, sebagai pembentuk pengertian dari geologi. Tetapi sifat batuan harus diterima, bahwa batuan tidak membangun material dan sifat – sifatnya barubah dari suatu tempat ke tempat yang lain. Contohnya sebagian besar batuan sedimentasi adalah sangat lemah dan batuan kapur adalah salah satu batuan sedimentasi tetapi beberapa dari batuan kapur adalah batuan yang kuat.

Semua batuan menjadi 1 dan dibagi menjadi 3 famili, masing – masing dengan pembagian asal – usulnya dan sifatnya.

  1. Batuan Beku materi penyusunnya berupa kristal dari magma cair. Batuan beku berada di bawah peermukaan tanah dan aliran lava. Tekstur dari batuan beku berbentuk mizaik dan ikatan kristal. Struktur batuannya adalah sangat besar. Kekuatan batuan beku seragam dengan kekuatan yang tinggi. Dan tipe batuan beku yang besar adalah granit dan basalt.
  2. Batuan Sedimentasi asal – usul penyusunnya baerasal dari runtuhan yang disebabkan erosi di permukaan bumi. Batuan sediment biasanya dapat di jumpai di lembah yang terdekomposisi, dan dasar laut. Batuan sediment memiliki tekstur yang sebagian besar bergranul dan tersemen. Struktur dari batuan sedimentasi adalah berlapis, terlapisi oleh lapisan. Kekuatan dari batuan sedimentasi adalah lemah dan dilapisi dengan lapisan yang lunak. Batuan sedimentasi dalam tipe yang besar biasanya adalah pasir, batu kapur dan lempung.
  3. Batuan Metamorf asal – usul materilanya dari dirubah dari panas dan atau tekanan. Lingkungan batuan metamirf biasnya ditemukan sebagian besar di bagian dalam rangkaian gunung. Tekstur batuan metamorf adalah mosaic dan terikat kuat dengan adanya kristal – kristal. Struktur batuan ini adalah crystal dari tekanan. Kekuatan batuan ini adalah berubah – ubah, dan dilapisi lapisan yang lemah. Tipe batuan metamorf yang besar adalah cshist dan slate.

About Bangku Sarjana
I'm from Indonesian, I just a Student in Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Geophysics Department

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: