SEJARAH BESARAN DAN PENGUKURAN FISIKA

Ilmu Fisika adalah ilmu pengetahuan  alam yang berorientasikan pada pengukuran secara kuantitatif dan observasi. Hukum fisika yang dinyatakan sebagai hubungan matematis antara jumlah fisik. Lord Kelvin (Willian Thomson) mengatakan bahwa bila Anda bisa mengukur apa yang Anda amati, dan mengekspresikannya dalam angka. Anda harus tahu tentang sesuatu hal itu, tetapi ketika Anda tidak dapat mengungkapkannya dalam angka, maka pengetahuan Anda adalah sedikit dan tidak memuaskan. Dalam kaidah mekanika terdapat 3 satuan utama yaitu : panjang, massa, dan waktu. Hukum Newton yang menjadi dasar dari mekanika dalam ilmu fisika.

1. Panjang

Pada Tahun 1120 Raja Inggris memutuskan bahwa standar panjang di negara itu akan diberi nama yard (3 kaki) dan akan tepat sama dengan jarak dari ujung hidungnya ke ujung lengan. Standar hukum panjang di Prancis menjadi meter, yang didefinisikan sebagai satu sepuluh juta dari jarak khatulistiwa ke Kutub Utara di sepanjang satu garis longitudinal tertentu yang melewati Paris.

  • Pada tahun 1960 panjang 1 meter jarak antara dua garis pada batang platinum-iridium khusus yang disimpan pada kondisi yang terkendali di Prancis.
  • Pada tahun 1960 hingga 1970 panjang 1 meter sama dengan 1 650 763,73 panjang gelombang cahaya orange-merah yang dipancarkan dari lampu-86 kripton.
  • Pada oktober 1983 panjang 1 meter sama dengan jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam vakum selama waktu 1 / 299 792.458 detik.

2. Massa.

Pada satuan SI (Standar Internasional) massa dinyatakan dalam satuan kilogram (kg), didefinisikan sebagai massa sebuah silinder platina-iridium tertentu disimpan di Biro Internasional Poids et Mesures di Sèvres, Perancis. Standar ini ditetapkan pada tahun 1887. Penggunaan bahan platinum-iridium sebagai standar 1 kilogram karena  merupakan bahan yang stabil.

3. Waktu

Pada tahun 1967, perangkat yang dikenal sebagai jam atom, yang menggunakan frekuensi karakteristik dari atom cesium-133 sebagai referensi jam, yaitu sama dengan  9 192 631.770 kali periode getaran radiasi dari atom cesium.

Berikut adalah tabel beberapa satuan yang dinyatakan dalam satuan SI

Saintek HIMASIKA

Hublu HIMASIKA

About Bangku Sarjana
I'm from Indonesian, I just a Student in Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Geophysics Department

2 Responses to SEJARAH BESARAN DAN PENGUKURAN FISIKA

  1. Bismillah,,

    Izin nge-download yah,,

    Syukron,,

  2. Salam kenal saya Nabella Fisika ITS 2013🙂

    Izin untuk mengambil posting Anda sebagai sumber untuk tugas saya Metode Pengukuran Fisika
    Terimakasih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: