Tragedi Gunung Merapi dan Mentawai bukan Salah siapa-siapa !

Berita akhir ini dikoran dan dimedia cetak membahas mengenai bencana alam yang melanda Indonesia, diantaranya adalah gempa yang mengakibatkan tsunami di mentawai, dan meletusnya gunung merapi. Banyak orang dan pengamat mengomentari kejadian ini. Dan banyak juga yang menghubung-hubungkan kejadian ini dengan pemerintahan masa saat ini. Suatu wacana yang sangat lucu bahwasanya disebuah media menyebutkan bahwa masa pemerintahan  sby banyak terjadi bencana alam. Kemudian yang akan saya tanyakan, Apakah alam juga gak setuju dengan pemerintahan sby. Jelas-jelas Indonesia berada di kawasan lempeng tektonik aktif, dan bahkan dapat dikatakan teraktif dunia. Maka dari itu Indonesia dikatakan ring of fire. Karena Indonesia dikelilingi oleh ragkaian 3 perbatasan lempeng tektonik. Gempa yang akhir-akhir ini telah terjadi di kawasan kepulauan mentawai adalah akibat dari pergerakan lepeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia. Yang kemudian tidak lama selang beberapa hari terjadilah letusan gunung api.

Bisa di Indikasikan terjadinya letusan gunung api Merapi dan terjadinya tsunami di mentawai adalah satu rangkaian aktivitas lempeng Indo-Australia dengan Eurasia. Karena dari aktivitas kedua lempeng inilah yang membentuk gunung api sepanjang pulau sumatera, jawa, bali, dan mataram. Sekarang maka saya bisa menjawab pertanyaan yang kebanyakan mengkomentari kejadian bencana ini dengan pemerintahan sby. Menurut saya tidak ada hubungannya dengan masa pemerintahan sby, namun semua bencana alam yang terjadi di Indonesia adalah suatu hal yang tidak bisa lagi dipungkiri. Akan sering terjadi gempa, dan bahkan tsunami, letusan gunung api. Karena wilayah Indonesia berada dalam kawasan pertemuan 3 lepeng tektonik besar dunia. Dan karena Indonesia berada di dalam kawasan lempeng tektonik aktif maka Indonesia kaya akan mineral dan bahan tambang. Semua bencana tidak hanya membawa dampak negatif, pasti ada sisi positif di balik bencana.

Suatu hal lagi yang membuat saya sedikit terkagum dengan kehebatan orang Indonesia. Perlukan ada pengganti mbah Marijan.  Dalam bidang ilmu geologi tidak ada istilah yang namanya juru kunci gunung api. Guru besar pun akan menertawakan yang namanya juru kunci gunung api. Semua aktivitas endogen adalah sebuah siklus batuan. Tidak mungkin seorang pun dapat merubah siklus yang sudah maha dahsyat selain Sang Maha Pencipta yaitu Allah. Bukan mbah marijan, bukan BMKG dan bukan siapa2 yang bisa merubah siklus dalam bumi. Tapi hanya Allah. Pembentukan pengganti juru kunci merapi yang rencananya akan dibentuk oleh petinggi suatu kawasan daerah secara tidak langsung hal tersebut adalah perbuatan syirik. Mempercayakan kuasa Tuhan selain Allah.  Mudah-mudahan masyarakat Indonesia dapat bersyukur dan tabah, karena Allah tidak akan memberikan cobaan diluar kemampuan umatnya.

About Bangku Sarjana
I'm from Indonesian, I just a Student in Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Geophysics Department

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: