Stabilitas Kelerengan

Kemiringan lereng adalah sudut yang dibentuk oleh perbedaan tinggi permukaan lahan (relief), yaitu antara bidang datar tanah dengan bidang horizontal dan pada umumnya dihitung dalam persen (%) atau derajat (0). Klasifikasi kemiringan lereng menurut SK Mentan No. 837/KPTS/Um/11/1980, seperti pada tabel dibawah ini :

Tabel. Klasifikasi Kemiringan Lahan dan Peruntukannya.

Hubungan antara topografi dan geologi suatu daerah sangatlah penting dalam menentukan kestabilan lereng. Jika batuan memiliki kemiringan kedudukan yang paralel dengan kelerengan, maka kemungkinan longsor lebih besar dari lereng dengan kedudukan batuan yang horizontal atau berlawanan arah terhadap kelerengan. Ketika kemiringan batuan searah dengan lereng, air mengalami perkolasi sepanjang bidang-bidang perlapisan sehingga menyebabkan menurunnya kohesivitas dan friksi antara satuan batuan yang berdampingan (lihat gambar a). Pada keadaan tertentu bila hadir lapisan batulempung, maka batuan ini dapat menjadi bidang gelincir ketika kondisinya basah. Walaupun batuan mempunyai kedudukan horizontal atau miring berlawanan dengan kelerengan, dapat saja rekahan memiliki arah yang sama dengan kelerengan. Air akan dapat bermigrasi melaluinya kemudian melapukkan dan memperbesar bukaan hingga beban berat dari lapisan diatasnya tidak sanggup lagi untuk ditahan dan terjadi longsor (lihat gambar b).

Gambar  (a) Batuan dengan kedudukasn yang miring searah dengan kelerengan. (b) Rekahan miring searah dengan kelerengan.

Selain kondisi lapisan batuan yang dapat berperan sebagai bidang gelincir adalah kondisi tutupan lahan diatasnya. Kondisi vegetasi yang baik mampu mengikat satuan batuan untuk memperkecil gerakan tanah. Oleh karena itu, pada lahan yang memiliki kelerengan lebih dari 20 derajat sebaiknya dilakukan penanaman tanaman yang memiliki perakaran tunjang.

About Bangku Sarjana
I'm from Indonesian, I just a Student in Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Geophysics Department

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: